News


AirNav Indonesia Raih Penghargaan TJSL di BCOMSS 2023 dan CSR Excellence Awards



15 March 2023











AirNav Indonesia, Tangerang – Perum LPPNPI (AirNav Indonesia) sebagai satu-satunya badan usaha yang memberikan layanan navigasi penerbangan di Indonesia, AirNav dipercaya untuk mendapatkan dua penghargaan di Bidang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) pada Ajang BCOMMS 2023 dan CSR Excellence Awards 2023.

“Alhamdulillah, AirNav berhasil mendapatkan penghargaan dari publik terkait penyelenggaraan kegiatan TJSL Perusahaan” buka Polana B. Pramesti selaku Direktur Utama AirNav Indonesia.

Polana menyampaikan bahwa penghargaan yang diberikan oleh Kementerian BUMN dan Majalah First Indonesia Magazine menyoroti kegiatan TJSL Perusahaan selama 1 tahun ke belakang. Adapun program program yang telah dijalankan antara lain terkait keberhasilan dalam menurunkan angka penerbangan balon udara liar yang membahayakan penerbangan, melalui kampanye Perusahaan berupa pengembangan dan pembinaan UMKM, serta kontribusi AirNav dalam pelestarian Kura - Kura Leher Ular di Pulau Rote, dan konservasi Elang di Ende, Flores.

“Kedua penghargaan ini merupakan pencapaian atas upaya dan kontribusi kami melayani masyarakat melalui program yang berkelanjutan” lanjut Polana.

Merupakan salah satu BUMN yang tidak berdampak langsung pada isu lingkungan, namun Polana menyatakan akan terus bekerja dengan baik, dan berkontribusi nyata kepada masyarakat serta lingkungan melalui setiap program TJSL yang dijalankan.

“Core bisnis AirNav memang tidak bersinggungan langsung dengan kegiatan masyarakat dan lingkungan, namun kami akan selalu berkontribusi dan berusaha hadir melalui program sosial lingkungan yang inovatif dan berkelanjutan” lanjut Polana, 

Polana mensyukuri bahwa salah satu program yang diberi penghargaan adalah peran TJSL AirNav dalam mengembangkan UMKM, utamanya kepada masyarakat yang secara tradisi sering menerbangkan balon liar pada saat Lebaran, sehingga membahayakan penerbangan. Diharapkan dengan upaya sosialisasi yang baik, serta membangun UMKM masyarakat setempat, jumlah balon liar dapat berkurang dan meningkatkan keselamatan penerbangan.

“Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa di Pekalongan dan Wonosobo, merupakan daerah yang setiap bulan syawal melakukan tradisi melepaskan balon udara liar, melalui peran TJSL AirNav, kami membuat program UMKM bersama masyarakat di sana, memacu kreativitas warga dalam mengelola umkm atau bisnis mikro yang dimiliki, kami membantu mendanai mereka dan kami selalu minta pertanggungjawaban atau progres kemajuan setiap bulannya, terbukti masyarakat, anak anak muda di Pekalongan dan Wonosobo sudah mulai tertib untuk tidak menerbangkan balon secara liar, namun kreatif dalam mengelola bisnis mereka” tutur Polana. 

Ditambahkannya, AirNav juga berperan aktif dalam menjaga ekosistem dan pelestarian alam. Adanya beberapa program mengenai pelestarian lingkungan melalui penanaman pohon, pelestarian terumbu karang, pelestarian Elang Flores dan Kura Kura Leher Ular di Flores, Nusa Tenggara Timur.

“Selama pandemi, program TJSL kami tidak terhenti, banyak yang kami lakukan bersama dengan BUMN lain dan bersinergi dengan Lembaga Pelestarian Lingkungan dan Alam. Salah satunya adalah pelestarian Elang dan Kura-kura Leher Ular di Flores, kami melihat bahwa kedua satwa ini semakin langka dan akan punah, oleh sebab itu kami mengunjungi balai lingkungan hidup setempat, mendengarkan apa yang mereka butuhkan guna menjaga kelestarian ekosistem alam dan mahkluk hidup di sana” lanjut Polana.

Dijelaskannya selama menjalankan program TJSL tentunya AirNav dibantu banyak pihak dan bersinergi dengan stakeholder terkait. Visi misi AirNav tentunya tidak hanya menjaga keselamatan penerbangan di udara, namun juga berusaha menjaga keselamatan ekosistem lingkungan dan memberdayakan masyarakat.

“Tentunya, AirNav juga berterima kasih atas kerja sama yang baik dengan berbagai pihak stakeholder yang telah mensukses program tjsl selama 2020-2022, dan tak lupa apresiasi untuk Tim TJSL AirNav atas dedikasi dan kerja cerdas nya selama ini, tentu penghargaan ini merupakan batu loncatan kita untuk menjadi AirNav yang lebih bermanfaat untuk masyarakat luas” tutup Polana.  

Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia

R O S E D I

Telepon           : 021 – 5591 5000, Ext. 1130

Fax                  : 021 – 2917 0370

TENTANG AIRNAV INDONESIA

Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau AirNav Indonesia (AirNav) merupakan lembaga dengan kepemilikan modal negara di bawah Kementerian Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia (KBUMN RI) yang didirikan tanggal 13 September 2012 berdasarkan amanat UU Nomor 1 Tahun 2009 dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 77 tahun 2012 tentang Perum LPPNPI. Sebagai satu-satunya penyelenggara pelayanan navigasi penerbangan di Indonesia, AirNav bertugas untuk memastikan keselamatan, keamanan, dan kelancaran operasional penerbangan di ruang udara Indonesia  dan sejumlah ruang udara negara lain yang berbatasan dengan wilayah udara Indonesia.

Secara umum, AirNav mengelola ruang udara seluas 7,539,693 Km2. Luasan tersebut dibagi menjadi 2 Flight Information Region (FIR) yang masing-masing dikelola oleh pusat pelayanan lalu lintas udara di Jakarta dan Makassar. Di ruang udara seluas itu, berdasarkan data tahun 2019 (sebelum pandemi COVID-19), AirNav melayani rata-rata 6,125 pergerakan pesawat udara per harinya, baik yang sifatnya take-off/ landing, maupun penerbangan lintas (overflying) antar negara.

­­­Tentang BCOMSS:  

BUMN Corporate Communications and Sustainability Summit (BCOMSS) 2023 adalah sebuah ajang di dunia Public Relations/ Kehumasan dan Program Keberlanjutan bagi perusahaan di lingkungan BUMN.

Ajang BCOMSS 2023 mengusung tema Membawa Indonesia ke Panggung Dunia. Gelaran ini sebagai bentuk apresiasi Kementerian BUMN atas kinerja praktek komunikasi dan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) berkelanjutan dari seluruh korporasi BUMN.Perhelatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai campaign media baik media massa maupun media sosial dan juga update knowledge tentang TJSL berkelanjutan selaras dengan komitmen Kementerian BUMN untuk terus memberikan dampak positif bagi masyarakat dan BUMN.

Tentang CSR Excellence Awards 2023:

Ajang penghargaan Indonesia CSR Excellence Awards 2023 (ICEA 2022), mengapresiasi puluhan perusahaan atas kontribusinya dalam sosial kemasyarakatan. Indonesia CSR Excellence Awards 2023 merupakan penghargaan tahunan yang diberikan kepada perusahaan-perusahan yang melaksanakan kegiatan CSR.

ICEA 2023 diikuti oleh lebih dari 200 perusahaan BUMN, BUMD, perusahaan swasta nasional, maupun multinasional. Kemudian melalui proses seleksi ketat yang mengacu pada ISO 26000, SDG’s dan GCG dewan juri menetapkan 40 perusahaan penerima penghargaan Indonesia CSR Excellence Awards 2023 pada Kamis (16/03/2023).




Back to News