News


AirNav Siap Optimalkan Pelayanan Lalu Lintas Penerbangan Sambut Libur Natal dan Tahun Baru



20 December 2018










AirNav Siap Optimalkan Pelayanan Lalu Lintas Penerbangan Sambut Libur Natal dan Tahun Baru


Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau lebih dikenal dengan AirNav Indonesia menyatakan kesiapan untuk menghadapi angkutan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, AirNav Indonesia telah melakukan berbagai langkah antisipasi terhadap kemungkinan lonjakan traffic penerbangan sepanjang masa angkutan tersebut.

“Langkah persiapan dan koordinasi ini sudah dilakukan jauh hari sebelum musim angkutan Nataru tiba untuk memaksimalkan pelayanan AirNav Indonesia dalam melayani kepadatan pengaturan lalu lintas penerbangan,” jelas Direktur Utama Airnav Indonesia Novie Riyanto.

Peningkatan pergerakan pesawat udara pada periode ini telah diprediksi oleh AirNav Indonesia sehingga beberapa langkah antisipasi telah dilakukan. “Sistem pengelolaan slot time berbasis daring, CHRONOS, terus kami optimalkan penggunaannya sehingga dapat berdampak terhadap efisiensi waktu take-off dan landing pesawat udara.” ujar Novie.

Tidak hanya menyiapkan sistem, selama masa angkutan Natal dan Tahun Baru, AirNav Indonesia juga menyiagakan SDM dengan membuka Posko Terpadu Monitoring Layanan Navigasi selama 24 jam nonstop setiap hari, mulai 20 Desember 2018 hingga 6 Januari 2019. Sejumlah tugas mandatori yang dijalankan adalah untuk memastikan seluruh peralatan dan fasilitas navigasi dapat berfungsi dengan baik, memasitikan kesiapan dan kesiagaan personil yang melaksanakan tugas pelayanan, serta meningkatkan kewaspadaan dalam rangka menhadapi keadaan darurat.

”Posko terpadu tersebut bertujuan untuk mengoptimalisasikan dan memonitor kelancaran kegiatan penerbangan, baik di Kantor Pusat maupun di seluruh kantor-kantor cabang. Terutama di bandara-bandara bandara yang berpotensi mengalami peningkatan pergerakan pesawat yang tinggi. Termasuk berkoordinasi dengan seluruh stakeholders penerbangan untuk mengevaluasi kondisi terkini,” tegasnya.

Selain kantor pusat, menurut Novie, ada 36 kantor pelayanan yang disiagakan penuh selama masa masa libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, delapan diantaranya beroperasi 24 jam. Kedelapan bandara tersebut antara lain Bandara Hang Nadim (Batam), Bandara I Gusti Ngurah Rai (Denpasar), Bandara Halim Perdanakusuma (Jakarta), Bandara Soekarno-Hatta (Jakarta), Bandara Sam Ratulangi (Manado), Bandara Hasanuddin (Makassar), Bandara Kualanamu (Medan), dan Bandara Juanda (Surabaya). (USH)

 

Corporate Secretary Perum LPPNPI.

Didiet K.S Radityo

Telepon : 021-5591 5000 Ext. 1130

Fax : 021-2917 0370

 

Tentang AirNav Indonesia

Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau dikenal dengan Airnav Indonesia merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang didirikan tanggal 13 September 2012. Airnav Indonesia didirikan sesuai amanat UU Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan dan bertugas menyediakan pelayanan navigasi penerbangan. AirNav melayani navigasi penerbangan di 285 titik layanan di seluruh Indonesia. Selain itu, AirNav juga melakukan pelayanan navigasi penerbangan di sejumlah ruang udara negara lain. Luas ruang udara Indonesia adalah 1.476.049 NM, sementara AirNav melayani Flight Information Region (FIR) seluas 2.219.629 NM.

***




Back to News