News


AirNav Sukses Layani 1.407 Penerbangan Haji Embarkasi



14 June 2024











Tangerang - Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) telah melayani 1.407 penerbangan Haji Embarkasi dalam periode 12 Mei-10 Juni 2024. BUMN yang biasa dikenal AirNav Indonesia ini mencatatkan trafik tertinggi terjadi di Kualanamu, Medan sebanyak 444 pergerakan. Adapun pergerakan tertinggi saat penerbangan Haji Embarkasi berada pada tanggal 12 Mei 2024 yakni sebanyak 59 penerbangan.

Sebagai penyelenggara pelayanan navigasi satu-satunya, AirNav turut berkontribusi atas terciptanya penerbangan Haji yang lancar dan aman. Bentuk dukungan tersebut berupa Operating Hours  yang mengikuti Bandar Udara Extend & Advance, penambahan personel dan shift, fleksibilitas alokasi jadwal penerbangan, hingga Penerapan UPR (free routes) untuk efisiensi waktu dan bahan bakar maskapai, sekaligus upaya pengurangan emisi karbon CO2.

Data yang terhimpun selama periode penerbangan Haji Embarkasi mencatat terdapat 5 Bandara tersibuk dalam melayani pergerakan pesawat angkutan Haji yaitu Kualanamu (444 movement), Juanda (208 movement), Adi Soemarmo (190 movement), Soekarno Hatta (181 movement), dan Hasanuddin (87 movement). Selain di 5 Bandara tersebut, pelayanan navigasi penerbangan Haji Embarkasi juga terdapat di Sultan Iskandar Muda - Aceh, Minangkabau - Padang, Sultan Mahmud Badaruddin II - Palembang, Hang Nadim - Batam, Kertajati - Jawa Barat, Syamsudin Noor -Banjarmasin, Sepingan - Balikpapan, dan Zainuddin Abdul Madjid - Lombok.

Selain dukungan operasional yang diberikan selama periode Idul Adha 1445H, AirNav Indonesia melalui unit TJSL menyalurkan hewan kurban kepada masyarakat sekitar kantor pusat AirNav Indonesia pada Jumat (14/6) di Kantor Kec. Neglasari.

Dikatakan Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko AirNav Indonesia, Azizatun Azhimah, kegiatan rutin ini sebagai salah satu bentuk kepedulian perusahaan yang membawa manfaat untuk masyarakat sekitar dan juga merupakan bentuk komitmen bahwa apa yang diberikan ini semata-mata karena kepedulian, empati, dan rasa syukur yang dimiliki. Adapun penyerahan 1 ekor sapi dan 14 ekor kambing untuk Kec. Neglasari disambut antusias oleh Camat Neglasari, Andhika Nugraha. 15 Hewan kurban tersebut nantinya akan didistribusikan ke tujuh kelurahan di bawah Kec. Neglasari. AirNav juga menyalurkan hewan kurban di beberapa kantor cabang/unit AirNav Indonesia.

Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia

HERMANA SOEGIJANTORO

Telepon           : 021 – 5591 5000, Ext. 1130

Fax                   : 021 – 2917 0370

TENTANG AIRNAV INDONESIA

Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau AirNav Indonesia (AirNav) merupakan lembaga dengan kepemilikan modal negara di bawah Kementerian Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia (KBUMN RI) yang didirikan tanggal 13 September 2012 berdasarkan amanat UU Nomor 1 Tahun 2009 dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 77 tahun 2012 tentang Perum LPPNPI. Sebagai satu-satunya penyelenggara pelayanan navigasi penerbangan di Indonesia, AirNav bertugas untuk memastikan keselamatan, keamanan, dan kelancaran operasional penerbangan di ruang udara Indonesia  dan sejumlah ruang udara negara lain yang berbatasan dengan wilayah udara Indonesia.

Secara umum, AirNav mengelola ruang udara seluas 7.789.268 km2. Luasan tersebut dibagi menjadi 2 Flight Information Region (FIR) yang masing-masing dikelola oleh pusat pelayanan lalu lintas udara di Jakarta dan Makassar. Di ruang udara seluas itu, berdasarkan data tahun 2019 (sebelum pandemi COVID-19), AirNav melayani rata-rata 6,125 pergerakan pesawat udara per harinya, baik yang sifatnya take-off/ landing, maupun penerbangan lintas (overflying) antar negara.


AirNav Sukses Layani 1.407 Penerbangan Haji Embarkasi

Back to News