News


AirNav Indonesia Luncurkan Program Konseling Untuk Karyawan



12 June 2020











Tangerang – Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan (Perum LPPNPI) atau yang dikenal dengan AirNav Indonesia, meluncurkan program konseling psikologis untuk karyawan internal perusahaan yang bertajuk Employee Assistance Program (EAP) pada Rabu (10/6). Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum, Rahadi Sulistyo, secara resmi menyampaikan peluncuran program tersebut melalaui Surat Edaran Nomor EPR.018/P/00/LPPNPI/PER/015/04/VI/2020 tentang Employee Assistance Program (EAP).

Employee Assistance Program terdiri dari tele-konseling psikologis, konseling psikologis tatap muka dan media informasi psiskologis. Dalam masa pandemi COVID-19 yang tengah melanda saat ini, diutamakan untuk menggunakan layanan tele-konseling psikologis. Para karyawan dapat mengakses program ini yang akan efektif mulai Senin (15/6) mendatang,” ungkap Rahadi.

Dijelaskannya, layanan EAP dapat diakses setiap senin-kamis pukul 09.00–15.00 WIB. Para karyawan yang ingin mengakses layanan tersebut dapat menghubungi kontak yang dicantumkan di dalam surat edaran tersebut.

“Tele-konseling dilaksanakan selama jam kerja pada hari senin-kamis kecuali hari libur. Karyawan dapat menghubungi psikolog pada nomor atau media yang tersedia dengan memperkenalkan diri secara jelas. Karyawan menghubungi psikolog untuk menentukan waktu yang disepakati bersama dalam rangka melakukan proses tele-konseling,” papar Rahadi.

Direktur SDM dan Umum menambahkan bahwa psikolog memberikan informed consent atau persetujuan yang waib diisi dan dipahami oleh karyawan sebelum memulai proses tele-konseling. Selanjutnya karyawan menghubungi kembali psikolog pada waktu yang telah disepakati dan menempatkan diri pada posisi yang nyaman untuk melaksanakan tele-konseling.

“Psikolog melakukan identifikasi terhadap keluhan yang diraskan karyawan berkaitan dengan isu pandemic yang saat ini atau permasalahan di lingkungan kerja. Psikolog melakukan tele-konseling dan memberikan gambaran seputar stabilisasi emosi serta tindak lanjut tele konseling. Apabila diperlukan tindakan lebih lanjut di luar kompetensi psikolog, maka psikolog melakukan rujukan kepada profesional lain sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan. Program ini kami harapkan dapat meningkatkan produktivitas dan kinerja karyawan, khususnya dalam periode pandemi COVID-19 yang tengah melanda saat ini,” pungkasnya. (USH)

Manager Hubungan Masyarakat Perum LPPNPI

Yohanes Harry Douglas

Telepon       : 021-5591 5000 Ext. 1130

Fax              : 021-2917 0370

Tentang AirNav Indonesia

Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau dikenal dengan AirNav Indonesia merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang didirikan tanggal 13 September 2012. Airnav Indonesia didirikan sesuai amanat UU Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan dan bertugas menyediakan pelayanan navigasi penerbangan. AirNav melayani navigasi penerbangan di 285 titik layanan di seluruh Indonesia. Selain itu, AirNav juga melakukan pelayanan navigasi penerbangan di sejumlah ruang udara negara lain. Luas ruang udara Indonesia adalah 1.476.049 NM, sementara AirNav melayani Flight Information Region (FIR) seluas 2.219.629 NM.

***

 




Back to News