Articles

AirNav Terima Sertifikat CASR 172 AFIS Untuk 28 Cabang

05 Apr, 2018

TANGERANG – Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau yang lebih dikenal AirNav Indonesia menerima sertifikat Civil Aviation Safety Regulation (CASR) 172 tentang Air Traffic Service Providers untuk 28 Cabang AirNav Indonesia yang masuk ke dalam kategori Aerodrome Flight Information Services (AFIS) dari Kementerian Perhubungan. Direktur Navigasi Penerbangan, Polana B. Pramesti, menyerahkan 28 Sertifikat CASR 172 tersebut kepada para General Manager dan Kepala Unit Cabang AirNav Indonesia terkait, disaksikan oleh Direktur Keselamatan, Keamanan dan Standardisasi, Yurlis Hasibuan pada Kamis (5/4) di Kantor Pusat AirNav Indonesia.

 

“Melalui penerbitan 28 sertifikat CASR 172 untuk 28 Cabang AirNav Indonesia, menjadi bukti nyata bahwa keselamatan merupakan pondasi utama dalam layanan navigasi penerbangan yang diberikan bahkan hingga unit dengan kategori paling rendah yakni AFIS, yang sebagian besar melayani daerah-daerah terpencil di seluruh Nusantara. Hal ini menjadi bukti bahwa layanan navigasi penerbangan yang diberikan di ruang udara Indonesia bahkan hingga unit terkecil, telah mematuhi regulasi yang berlaku baik secara domestik maupun internasional,” papar Yurlis dalam sambutannya.

 

Diterangkan Yurlis, CASR 172 AFIS merupakan sertifikasi yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan untuk operator layanan navigasi penerbangan dengan kategori AFIS. Sertifikasi dilakukan melalui serangkaian proses antara lain pengajuan dokumen, verifikasi dokumen hingga verifikasi lapangan oleh Inspektur dari Kementerian Perhubungan. “Dengan tambahan 28 sertifikasi CASR 172 AFIS ini, Cabang AirNav Indonesia kategori AFIS yang telah disertifikasi menjadi 40 Cabang. Pada tahun 2017 lalu, 45 Cabang kategori AFIS telah diajukan sertifikasi, 28 telah diterbitkan hari ini dan sisanya masih dalam proses tetapi akan segera menyusul,” ungkapnya.

 

28 Cabang AiNav Indonesia yang mendapatkan sertifikat CASR 172 AFIS antara lain adalah:


1.    Tana Toraja

2.    Selayar

3.    Toli Toli

4.    Masamba

5.    Mamuju

6.    Bajawa

7.    Sabu

8.    Ruteng

9.    Tahuna

10. Kao

11. Takengon

12. Sabang

13. Sinabang

14. Meulaboh

15. Muko-Muko

16. Muara Bungo

17. Kerinci

18. Babo

19. Dekai

20. Enarotali

21. Ilaga

22. Mulia

23. Dobo

24. Tanjung Balai, Karimun

25. Singkep

26. Kolaka

27. Lasondre

28. Tanjung Harapan

 

 

Direktur Navigasi Penerbangan, Polana B. Pramesti, mengapresiasi langkah AirNav Indonesia dalam mematuhi regulasi penerbangan yang berlaku. “Undang-Undang nomor 1 tahun 2009 tentang Penerbangan pasal 275menyebutkan bahwa lembaga penyelenggara pelayanan navigasi penerbangan wajib memiliki sertifikat pelayanan navigasi penerbangan yang ditetapkan oleh Menteri. Kami selaku regulator mengapresisasi langkah AirNav Indonesia yang terus berkolaborasi dengan baik bersama kami untuk memberikan jaminan keselamatan penerbangan sesuai dengan standar yang berlaku secara domestik maupun internasional bahkan hingga unit terkecil yang masuk dalam kategori AFIS,” ujar Polana.

 

Yurlis menegaskan bahwa pihaknya akan terus menjalankan berbagai program yang dapat meningkatkan kualitas layanan navigasi penerbangan di ruang udara Indonesia. “AirNav Indonesia akan terus menginisiasi berbagai program strategis untuk dapat meningkatkan keselamatan dan efisiensi penerbangan di Indonesia. Secara internal, modernisasi peralatan navigasi penerbangan, peningkatan teknologi informasi dan pelatihan bagi personel navigasi penerbangan akan terus kami galakan. Secara eksternal, sinergi dengan seluruh stakeholder penerbangan antara lain regulator, pengelola bandara, maskapai penerbangan dan industri penerbangan lainnya akan menjadi faktor kunci keberhasilan peningkatan keselamatan dan efisiensi penerbangan di Indonesia,” pungkasnya. (USH)

comments powered by Disqus

Articles

Jaga Keselamatan Penerbangan dan Lestarikan Budaya, AirNav Gelar Java Balloon Festival Pekalongan 2018
29 Jun 2018

Jaga Keselamatan Penerbangan dan Lestarikan Budaya...

PEKALONGAN-- Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau AirNav Indonesia menggelar festival balon udara tambat di Pekalongan, Jawa Tengah, bertajuk JAVA BALOON FESTIVAL PEKALONGAN 2018, pada Kamis-Jumat (21-22/6/2018).
Read More

Lestarikan Budaya dan Menjaga Keselamatan Penerbangan, AirNav Gelar Festival Balon Udara 2018
29 Jun 2018

Lestarikan Budaya dan Menjaga Keselamatan Penerban...

WONOSOBO - Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau AirNav Indonesia menggelar festival balon udara tambat 2018 di Wonosobo, Jawa Tengah, bertajuk JAVA BALLOON FESTIVAL WONOSOBO 2018.
Read More

Pengumuman Penetapan Hasil Rekrutmen Internal Perum LPPNPI Tahun 2018
07 Jun 2018

Pengumuman Penetapan Hasil Rekrutmen Internal Peru...

Pengumuman Penetapan Hasil Rekrutmen Internal Perum LPPNPI Tahun 2018
Read More

News

Optimalisasi Ruang Udara, AirNav Indonesia dan Kementerian Perhubungan Selenggarakan CMAC/FUA Workshop
31 Mar 2016

Optimalisasi Ruang Udara, AirNav Indonesia dan Kem...

Jakarta, 31 Maret 2016 – Kerjasama sipil-milter merupakan hal penting untuk mengoptimalkan penggunaan ruang udara Republik Indonesia dalam mendukung peningkatan konektivitas di negeri yang memiliki lebih dari 17.000 pulau ini.
Read More

Donor Darah Dan Peluncuran Mobil Perpustakaan Keliling Airnav Peduli
11 Feb 2016

Donor Darah Dan Peluncuran Mobil Perpustakaan Keli...

TANGERANG (2/10) - Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau dikenal dengan AirNav Indonesia menggelar Aksi Donor Darah dan Peluncuran Mobil Perpustakaan Keliling ”AirNav Peduli”, Rabu, 10 Februari 2016
Read More

AirNav Indonesia Bersama TNI AU Resmikan Tower Baru  di Bandara Husein Sastranegara
10 Feb 2016

AirNav Indonesia Bersama TNI AU Resmikan Tower Bar...

BANDUNG - Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Pen-erbangan Indonesia (LPPNPI) atau dikenal dengan AirNav Indonesia bersinergi dengan TNI Angkatan Udara meresmikan pengoperasian tower baru, demi memaksimalkan pelayanan pengaturan lalu lintas penerbangan berniaga dan penerbangan militer di Bandara Husein Sastrangera, Bandung pada hari Rabu 10 Februari 2016
Read More

9 Pejabat MATSC Menandatangani Pakta Integritas, Siap Meningkatkan Pelayanan Navigasi di Indonesia
26 Feb 2016

9 Pejabat MATSC Menandatangani Pakta Integritas, S...

Makassar – Sebanyak 9 Manager dan Junior Manager di AirNav Indonesia Cabang MATSC menandatangani pakta integritas. Penandatanganan para managerial dilakukan di ruangan Platinum, Kantor Cabang MATSC, Jl. Bandara Baru, Selasa (16/2)
Read More