Articles

Bandara Internasional Lombok Praya Kembali Ditutup Hari Ini

30 Nov, 2017

JAKARTA (30/11/2017) – Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan (Perum LPPNPI) atau AirNav Indonesia menerbitkan Notice to Airmen (NOTAM) nomor B9033/17 mengenai penutupan kembali Bandara Internasional Lombok, Praya pada Kamis (30/11/2017) mulai pukul 10.37 WITA hingga Pukul 24.00 WITA. Penutupan ini disebabkan oleh sebaran abu vulkanik Gunung Agung yang kembali mengganggu jalur penerbangan dari dan menuju Lombok.

“Penutupan kembali Bandara Internasional Lombok merupakan keputusan yang diambil oleh regulator dan diteruskan Airnav Indonesia dengan melakukan penerbitan NOTAM. Berdasarkan koordinasi dengan BMKG dan PVMBG serta pengamatan Darwin Volcanic Ash Advisory Center (DVAAC), debu vulkanik Gunung Agung kembali mengganggu jalur penerbangan di ruang udara sekitar Lombok. Alasannya cuma satu, penutupan ini demi keselamatan penerbangan,” terang Direktur Operasi AirNav Indonesia Wisnu Darjono melalui keterangan resmi, Kamis, 30 November 2017.

Diketahui, Bandara Internasional Praya Lombok sebelumnya sempat ditutup pada Senin pagi (27/11) dan kembali dibuka di hari yang sama pada pukul 19.50 WITA. Akibat penutupan ini, rencana penerbangan dari dan menuju Lombok terpaksa dibatalkan. Sebagai contoh, dari Denpasar menuju Lombok ada 8 penerbangan yang dibatalkan setelah NOTAM diterbitkan. ”Kemudian dari Lombok menuju Denpasar ada 6 penerbangan yang batal,” imbuh Wisnu.

Wisnu menyampaikan, AirNav Indonesia telah menyiapkan rencana kontigensi (contingency plan) guna mengantisipasi peningkatan status “awas” gunung dengan ketinggian 3.031 mdpl tersebut. Antara lain dengan menyiapkan sedikitnya sembilan bandara sebagai alternatif pengalihan (diversion). Kesembilan bandara tersebut adalah Jakarta, Makassar, Surabaya, Balikpapan, Solo, Ambon, Manado, Kupang dan Banyuwangi.

Bali Normal Beroperasi

Sementara itu, pasca kembali dibuka pada Rabu kemarin (29/11), operasional penerbangan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai berangsur normal. Berdasarkan data Airnav Indonesia, sejak Bandara Ngurah Rai dibuka pukul 15.00 WITA kemarin hingga pukul 08.00 WITA pagi ini, ada 62 pergerakan pesawat yang tercatat datang dan pergi dari Ngurah Rai, baik itu penerbangan domestik maupun internasional.

”Untuk aktivitas penerbangan di Bandara Ngurah Rai hari ini (30/11), dijadwalkan akan ada 399 pergerakan pesawat datang dan pergi. Meliputi 213 keberangkatan (departure) dan 186 kedatangan (arrival), baik domestik maupun internasional. Jadwal tersebut berdasarkan permintaan maskapai yang disampaikan kepada Airnav Indonesia,” pungkas Wisnu. (USH)

comments powered by Disqus

Articles

Pengelolaan Slot Time Dilakukan Dengan Transparan
15 Dec 2017

Pengelolaan Slot Time Dilakukan Dengan Transparan

Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau dikenal dengan AirNav Indonesia menyatakan pengelolaan waktu terbang (slot time) dilakukan secara online melalui sistem aplikasi CHRONOS dengan mengedepankan transparansi.
Read More

AirNav Siaga 24 Jam Sambut Libur Natal dan Tahun Baru
15 Dec 2017

AirNav Siaga 24 Jam Sambut Libur Natal dan Tahun B...

Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau AirNav Indonesia melakukan sejumlah persiapan menghadapi pelaksanaan angkutan udara Natal 2017 dan Tahun Baru 2018
Read More

AirNav Dukung Balon Udara Tradisional Menjadi Peluang Ekonomi
08 Dec 2017

AirNav Dukung Balon Udara Tradisional Menjadi Pelu...

AirNav Dukung Balon Udara Tradisional Menjadi Peluang Ekonomi
Read More

Bandara Internasional Lombok Kembali Beroperasi Normal
01 Dec 2017

Bandara Internasional Lombok Kembali Beroperasi No...

Bandara Internasional Lombok Kembali Beroperasi Normal
Read More

News

Optimalisasi Ruang Udara, AirNav Indonesia dan Kementerian Perhubungan Selenggarakan CMAC/FUA Workshop
31 Mar 2016

Optimalisasi Ruang Udara, AirNav Indonesia dan Kem...

Jakarta, 31 Maret 2016 – Kerjasama sipil-milter merupakan hal penting untuk mengoptimalkan penggunaan ruang udara Republik Indonesia dalam mendukung peningkatan konektivitas di negeri yang memiliki lebih dari 17.000 pulau ini.
Read More

Donor Darah Dan Peluncuran Mobil Perpustakaan Keliling Airnav Peduli
11 Feb 2016

Donor Darah Dan Peluncuran Mobil Perpustakaan Keli...

TANGERANG (2/10) - Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau dikenal dengan AirNav Indonesia menggelar Aksi Donor Darah dan Peluncuran Mobil Perpustakaan Keliling ”AirNav Peduli”, Rabu, 10 Februari 2016
Read More

AirNav Indonesia Bersama TNI AU Resmikan Tower Baru  di Bandara Husein Sastranegara
10 Feb 2016

AirNav Indonesia Bersama TNI AU Resmikan Tower Bar...

BANDUNG - Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Pen-erbangan Indonesia (LPPNPI) atau dikenal dengan AirNav Indonesia bersinergi dengan TNI Angkatan Udara meresmikan pengoperasian tower baru, demi memaksimalkan pelayanan pengaturan lalu lintas penerbangan berniaga dan penerbangan militer di Bandara Husein Sastrangera, Bandung pada hari Rabu 10 Februari 2016
Read More

9 Pejabat MATSC Menandatangani Pakta Integritas, Siap Meningkatkan Pelayanan Navigasi di Indonesia
26 Feb 2016

9 Pejabat MATSC Menandatangani Pakta Integritas, S...

Makassar – Sebanyak 9 Manager dan Junior Manager di AirNav Indonesia Cabang MATSC menandatangani pakta integritas. Penandatanganan para managerial dilakukan di ruangan Platinum, Kantor Cabang MATSC, Jl. Bandara Baru, Selasa (16/2)
Read More